KEGIATAN PELATIHAN BT & CLS PROGRAM STUDI PROFESI NERS FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS DEHASEN

KEGIATAN PELATIHAN BT & CLS PROGRAM STUDI PROFESI NERS FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS DEHASEN

BENGKULU 2021 

Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu mengadakan Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS). Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu dan AGD 118 Jakarta. Kegiatan ini diinstrukturi  langsung oleh tim AGD 118 Jakarta dan mengundang juga 2 orang instruktur lokal dari  Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Propinsi Bengkulu.

Kegiatan ini diikuti oleh 62 orang Mahasiswa Prodi Profesi Ners dan dilaksanakan selama 6 hari secara daring untuk materi teori dan luring untuk kegiatan praktek dan ujian langsung. Kegiatan dibagi menjadi 2 kelompok, secara daring dilakukan selama 2 hari, mulai dari 2 – 3 September untuk kelompok 1 dan 4 – 5 September untuk kelompok 2. Sedangkan kegiatan secara offline atau luring untuk kelompok pertama pada tanggal  4 – 5 September di kampus Fikes Unived dan kelompok  2 di lubukulinggau pada tanggal 7 – 8 September 2021. Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) merupakan pelatihan yang bertujuan untuk memperkuat skill mahasiswa profesi ners dalam mempersiapkan diri menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan atau gangguan sirkulasi pada sistim kardio-pulmonar baik pada fase prehospital maupun di klinik/Rumah sakit. Ketepatan dan kesigapan tenaga medis khususnya perawat dalam Penanganan kondisi dan kasus kegawatdaruratan sangat penting di pada kedua fase ini, terutama untuk memberikan bantuan hidup dasar (BHD) demi menyelamatkan jiwa dan meminimalisir kerusakan organ serta mengurangi angka kematian dan kecacatan korban.

Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta mampu setidaknya melakukan beberapa hal, diantaranya: melakukan bantuan hidup dasar, melakukan penilaian awal (Initial Assessment), melakukan penatalaksanaan pasien dengan gangguan pernapasan dan jalan napas (air way and breathing), melakukan penatalaksanaan pasien dengan trauma: kepala dan spinal, thorak dan abdomen, musculoskeletal dan luka bakar serta melakukan penatalaksanaan pasien dengan gangguan sirkulasi. Di samping itu, diharapkan para peserta juga mampu melakukan penatalaksanaan kegawatdaruratan kardiovaskular, melakukan penatalaksanaan proses rujukan dan melakukan triage pasien.

Kegiatan ini dibuka oleh Langsung Oleh Rektor Universitas Dehasen Bengkulu, Bapak Prof. Dr. Kamaludin, SE, MM. Pembukaan kegiatan ini dilakukan secara luring di Aula Fikes Universitas Dehasen dan juga secara virtual melalui zoom. Melalui zoom, Founder AGD 118 Jakarta,               Prof. DR. Dr. Aryono Djuned Puponegoro, Sp.B-KBD (K),

berkesempatan memberikan sambutan dan motivasi pada peserta secara langsung walaupun tidak berada di tempat kegiatan. Kegiatan pelatihan ini merupakan aktivitas yang rutin diselenggarakan di Fikes Universitas Dehasen di akhir masa program Profesi Ners. Selain itu, juga merupakan salah satu kompetensi unggulan yang selaras dengan Visi dan Misi Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.