Sejarah FIKES Dehasen Bengkulu

STIKes Dehasen Bengkulu dikelola oleh badan hukum pembina yaitu Yayasan Dehasen. Pada tahun 1996 Yayasan Dehasen menginginkan berdirinya sebuah sekolah dibidang kesehatan yang dapat mencetak tenaga-tenaga kesehatan yang terampil yang dapat membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Bengkulu maka didirikanlah Akademi Keperawatan Karya Husada Bengkulu.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan STIKes Dehasen merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dalam bidang ilmu kesehatan. Lembaga ini didirikan dengan latar belakang bahwa kebutuhan tenaga kesehatan di Bengkulu masih belum memenuhi baik dari segi kualitas, masih tingginya angka kematian maternal maupun neonatal, masih banyaknya angka kesakitan dan kejadian luar biasa di Bengkulu. Salain itu juga mengakomodir peningkatan jenjang pendidikan tinggi bagi tenaga kesehatan khususnya tenaga keperawatan yang belum memenuhi standar, baik dipelayanan kesehatan maupun dilembaga pendidikan Kesehatan.

Dalam perkembangannya Akademi Keperawatan Karya Husada ini pada tahun 2008 dialukan perubahan bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen. Perubahan bentuk AKPER Karya Husada menjadi STIKes Dehasen berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 82/D/O/2008 tanggal 22 mei 2008 tentang Pemberian ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Keperawatan (S1), Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) dan Program Studi Keperawatan (D3) sebagai perubahan bentuk Akademi Keperawatan Karya Husada.

Pada awal tahun 2018 STIKes dan Akbid Dehasen Resmi Bergabung Dengan Universitas Dehasen dan sekarang di kenal dengan sebutan Fakultas Ilmu Kesehatan(FIKES) Dehasen.

Powered by themekiller.com