PENYULUHAN TENTANG GOSOK GIGI PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN GIGI BAGI ANAK-ANAK DI SDN 88 BENGKULU TENGAH DUSUN 2 DESA PEKIK NYARING

Kebiasaan anak-anak dalam menyikat gigi hanyalah bertujuan untuk menyegarkan mulut saja, bukan karena mengerti bahwa bahwa hal tersebut baik untuk kesehatan gigi dan mulutnya, sehingga anak cenderung menyikat dengan semuanya sendiri. Padahal tujuan menyikat gigi adalah menghilangkan plak dari permukaan gigi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya karang gigi, gigi berlobang. Untuk itulah mendisiplinkan anak-anak untuk melatih pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara baik dan benar pada anak-anak sangat diperlukan agar sisa makanan yang tertinggal dipermukaan gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi bias dibersihkan.

Penyuluhan yang dilakukanoleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu di SDN 88 Bengkulu Tengah dusun 2 desa Pekik Nyaring pada hari, 04 Juni 2024 jam 10.00 WIB bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pada siswa tentang gosok gigi. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, leaflet dan menampilkan video animasi tentang cara menggosok gigi.

Kegiatan ini diawali dengan melakukan pengisian kuesioner sebagai pre-test, kemudian memberikan penyuluhan serta video animasi tentang gosok gigi, setelah itu melakukan pengisian kuesioner pos-test pada siswa di SDN 88 Bengkulu Tengah.

Di akhir kegiatan dilakukan sesi Tanya jawab pada siswa yang mengikuti penyuluhan gosok gigi kemudian memberikan door prize bagi yang bias menjawab pertanyaan, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan melakukan praktik gosok gigi yang diterapkan langsung oleh para siswa SD N 88 Bengkulu Tengah.

Dengan diadakannya kegiatan ini siswa SD N 88 Bengkulu Tengah dusun 2 desa Pekik nyaring antusias mengikuti penyuluhan kesehatan tentang gosok gigi. Dan juga dengan diadakannya kegiatan ini siswa memiliki peningkatan pengetahuan tentang menjaga gigi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *